PPID UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Dalam memberikan pelayanan Informasi Publik sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menetapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui Keputusan Rektor Nomor 61 Tahun 2017 TentangPejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID)Dan Petugas Informasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan pusat pelayanan informasi UIN Sunan Kalijaga yang minimum dapat diterima oleh pengguna setiap jenis layanan kegiatan UIN Sunan Kalijaga. PPID UIN Sunan Kalijaga, berdasarkan tugas pokok dan fungsi serta wewenangnya dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pelayanan bagi sivitas akademika dan masyarakat umum dan dapat juga digunakan sebagai instrumen pembinaan dan pengawasan.

Visi

Menjadi Instansi Pendidikan Tinggi yang kredibel dalam memberikan layanan informasi publik.

Misi

  • Menjamin akses informasi publik sesuai Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik
  • Meningkatkan kualitas layanan informasi publik
  • Meningkatkan profesionalisme SDM layanan informasi publik
  • Memperkuat sarana prasarana dalam rangka efisiensi dan efektfitas layanan informasi publik
  • Meningkatkan pengelolaan dokumentasi informasi publik.

Moto

CERMAT dalam memberikan pelayanan informasi publik (Cepat, Ramah, Mudah, Akuntabel dan Transparan)

Maklumat

  • Menyediakan informasi publik yang akurat, benar dan tidak menyesatkan
  • Memberikan informasi publik sesuai Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik
  • Proaktif dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat sesuai standar pelayanan informasi yang berlaku
  • Bersikap adil, tidak diskriminatif dan berperilaku sopan santun dalam memberikan layanan informasi publik
  • Memanfaatkan teknologi informasi yang mudah di akses masyarakat
  • Menerima berbagai kritik, saran dan pengaduan dari masyarakat atas layanan informasi publik yang dinilai kurang memuaskan.

TUJUAN PENGUNGKAPAN INFORMASI

  • Menjamin hak masyarakat untuk mengetahui rencana kebijakan dan program lembaga pendidikan tinggi serta proses dan alasan pengambilan keputusan.
  • Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan kebijakan dan pengelolaan lembaga pendidikan tinggi yang baik.
  • Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi UIN Sunan Kalijaga untuk menghasilkan layanan informasi yang berkualitas.
  • Mengembangkan pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.